Hay kawan-kawan udah kenal sama pemrograman java
belum, nah disini aku akan berbagi
pengetahuan mengenali pemrograman java, Namun disini java tidak sama dengan
jawa (versi Indonesia) yaa. Nah java merupakan bahasa pemrograman komputer. Apasih
bahasa pemrograman ?? bahasa pemrograman merupakan sebuah instkrsi standar
untuk memerintah komputer...
Nah java ini merupakan bahasa pemrograman berbasis
objek maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek
sehingga sangat memudahkan untuk mendesain, membuat dan mengembangkan program
java dengan cepat. Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah untuk
digunakan oleh banyak orang . Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh
banyak sistem operasi , seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan
Sun Solaris ( Multiplatform )
Java sama seperti bahasa pemrograman pendahuluya yaitu
C++. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1995.
Java awalnya di ciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan,
James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems. Uniknya nama
java diambil dari nama pulau jawa (bahasa inggris dari jawa) karena James
Gosling "Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau
Jawa. Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia. Harusnya hal
seperti itu jadi motivasi buat kita biar makin greget ngodingnya.
Kelebihan
Java :
1. Berorientasi objek , Memudahkan
untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga
mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara
murni .
2.
Mirip c++,
Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para
pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java .
3.
Dapat
digunakan dibanyak sistem operasi .
4.
Perkembangan
yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java .
Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java
Archive ) .
5. Mempunyai pengumpulan sampah
otomatis .
Kekurangan
Java :
1. Proses Compile, Mengharuskan
pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa
pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
2.
Penggunaan
Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya
membutuhkan memori sedikit .
Konsep Pemrograman Java
Tujuan
dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara
mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian
dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan
dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat
adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang
lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat
sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling
berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada
objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar
dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling
berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain. Pada java
kita.
a. Apa sih
Objek (Object)
Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute (State) dan Behavior. Attribute (State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Behavior adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu atau disebut juga sebagai method.
Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi, roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.
Contoh :
- Titik
Titik merupakan sebuah objek yang terdiri dari posisi x dan posisi y
- Persegipanjang
Persegipanjang merupakan objek yang mempunyai panjang dan lebar
Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute (State) dan Behavior. Attribute (State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Behavior adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu atau disebut juga sebagai method.
Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi, roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.
Contoh :
- Titik
Titik merupakan sebuah objek yang terdiri dari posisi x dan posisi y
- Persegipanjang
Persegipanjang merupakan objek yang mempunyai panjang dan lebar
b. Apa sih Kelas (Class)
Kelas merupakan cetakan atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek.
Kelas merupakan cetakan atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek.
c. Instan (Instance)
Kelas yang telah terdefinisi dapat dijalankan (run-time) dalam bentuk instan di memori.
Kelas yang telah terdefinisi dapat dijalankan (run-time) dalam bentuk instan di memori.
Contoh :
PersegiPanjang pp = new PersegiPanjang();
Maksud dari perintah di atas adalah sebagai berikut :
-
Instan pp merupakan sebuah objek kelas PersegiPanjang dimana pp dibentuk oleh
konstruktor Persegipanjang();
-
Konstruktor (Constructor) merupakan sebuah method dimana nama method
tersebut sama dengan nama kelas. Konstruktor tidak mengembalikan nilai tetapi
dapat dilewati atau diberikan parameter.
-
Instan pp berjalan pada memory komputer.
d. Method
Method atau fungsi atau operasi atau behaviour merupakan perintah-perintah prosedural yang ditempatkan pada kelas untuk mendapat hasil dari perintah-perintah tersebut.
d. Method
Method atau fungsi atau operasi atau behaviour merupakan perintah-perintah prosedural yang ditempatkan pada kelas untuk mendapat hasil dari perintah-perintah tersebut.
e. Pengiriman Pesan (Message Passing)
Setiap objek dapat menerima atau mengirimkan pesan. Pesan-pesan tersebut bukan hanya berbentuk primitif variable (integer, double, dll), tetapi pesan-pesan tersebut dapat berupa objek lainnya.
Contoh :
pp.setPanjang(10);
Maksud perintah diatas adalah sebagai berikut :
pp diberikan nilai panjan sebesar 10
pp.setPanjang(10);
Maksud perintah diatas adalah sebagai berikut :
pp diberikan nilai panjan sebesar 10
Naah itu
sedikit uraian mengenai bahasa pemrograman Java, semoga membantu terima
kasiiiih.
0 komentar: